Author: On The Palm On HIS Hand
•11.26
Pernahkah terpikirkan untuk memikirkan apa kira-kira yg ada di dalam pikiran anak-anak kita, ketika kita melihat mereka : melakukan suatu hal, mendengar suatu berita, bereaksi  atas suatu kejadian, menyuarakan pendapat, menginginkan sesuatu ?
Well....saya selalu. Saya selalu penasaran dengan apa yg ada di dalam pikiran & hati mereka, meskipun ketika saya bertanya mereka menjawab dengan bahasa & kosa kata mereka yg terbatas. Tetapi tetap saja itu membuat saya penasaran. Yang pasti juga dialami oleh seluruh orang tua.

Seperti kita semua tahu bahwa ada perbedaan antara anak laki-laki & perempuan.....& ternyata perbedaannya cukup besar :). & perbedaan-perbedaan tersebutlah yg ternyata mempengaruhi setiap keputusan & reaksi mereka akan suatu hal.
Seringkali kita memperlakukan baik anak laki-laki & perempuan dengan cara-cara yg sama. & ketika itu berhasil apda yg 1 & tidak mempan pada yg 1 laginya membuat kita bertanya-tanya ---- "kesalahan apa yg sudah saya lakukan sehingga anak-anak saya tidak dapat menangkap isi hati saya?"


Saya kadang kala bertanya kepada suami saya, mengapa laki-laki seringkali lupa ketika meletakkan barang-barang?, tidak mengingat detail percakapann yg didengar dari temannya 2 hari yg lalu?, kurang dapat membedakan rasa tertentu dari makanan?
Dan membandingkannya dengan perempuan, diri saya sendiri, yg pasti saya akan selalu ingat di mana saya meletakkan barang-barang saya, mengingat detail percakapan dengan teman bahlan itu 1 bln yg lalu, & dapat mengidentifikasikan  rasa 'lumayan", "enak",  & "sangat enak".
Mengapa laki-laki lebih suka berkompetisi, menikmati pujian & perasaan dibutuhkan? 
Sedangkan perempuan lebih menyukai menjlain relasi, mendapatkan dukungan & perhatian?
Ternyata jawabannya sederhana ---- memang begitulah adanya ---- laki-laki & perempuan memang berbeda. Yang perlu kita lakukan adalah menerima & memberikan apa yg mereka butuhkan.
Kita dapat mengubah & melatih beberapa hal yg menjadi kekurangan dari setiap gender. Namun jangan dilupakan, "anak laki-laki akan selalu menjadi anak laki-laki & anak perempuan akan selalu menjadi anak perempuan". Karena itulah Tuhan menciptakannya berbeda.....karena mereka memang berbeda :)


 MARS JUNIOR VERSUS VENUS JUNIOR                                                               


 Dalam Hal Apa Mereka Berbeda?

~ Anak laki-laki : area korteks nya lebih banyak di gunakan sebagai fungsi spasial mekanis.
~ Anak perempuan : otaknya lebih banyak mengandung serotonin & oksitasin

* Anak laki-laki : pusat memorinya (hippocampus) nya lebih kecil sehingga mudah lupa.
* Anak perempuan : pusat memori (hippocampus) nya lebih besar sehingga bisa mengingat secara detail.


~ Anak laki-laki : membutuhkan bantuan & perhatian lebih banyak

~ Anak perempuan : terlatih lebih mendiri untuk mengerjakan tugas-tugas pribadi


* Anak laki-laki : sejak dalam kandungan perkembangan fisiknya lebih lambat ,(menjelaskan anak perempuan yg terlihat lebih dewasa daripada anak lelaki walaupun dengan usia yg sama).

* Anak perempuan : secara fisik lebih matang & kemampuan motoriknyapun lebih cepat, (menjelaskan mengapa anak perempuan tulisannya lebih rapi )



~ Anak laki-laki : lebih dinamis karena hormon androgen (maskulin) lebih aktif
~ Anak perempuan : lebih tenang & kurang menyukai aktifitas fisik

* Anak laki-laki : perlu konsentrasi untuk sebuah aktifitas & waktu "jeda" (menjelaskan para lelaki yg tidak dapat multi tasking & memerlukan waktu break untuk dapat beralih dari 1 hal ke hal lainnya)

* Anak perempuan : Multi tasking, (menjelaskan para perempuan yg dapat mengerjakan beberapa tugas sekaligus dengan konsentrasi terbagi)



Akibatnya? 
  •  Anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika & fisika, sedangkan anak perempuan lebih unggul dalam pelajaran bahasa.
  • Anak laki-laki lebih tertarik menyukai permainan yg melibatkan aktifitas fisik, sedangkan anak perempuan lebih menyukai hubungan antar pribadi.
  • Anak lelaki lebih mudah terlibat masalah karena sifatnya yg impulsif, sedangkan anak perempuan lebih tenang menghadapi ancaman.
  • Anak laki-laki lebih banyak mengalami masalah belajar & disiplin di sekolah dibandingkan anak perempuan.


Bagaimana membesarkan mereka?
Dalam hal:

# Aktifitas Fisik (bermain)
~ Anak laki-laki : sediakan lingkungan main yg aman & latih untuk lebih untuk lebih tenang
~ Anak perempuan : doronglah untuk "berani" mencoba & mengambil resiko.

# Disiplin
~ Anak laki-laki : batasi kalimat & berikan perintah satu persatu, (terbatas untuk mengingat & melakukan beberapa hal sekaligus)
~ Anak perempuan : gunakan kata-kata peringatkan 

# Belajar ( berikan kesempatan kepada anak untuk belajar dengan "caranya" & sesuai dengan "kemampuan" & "minatnya")
~ Anak laki-laki : gunakan alat peraga, hitungan, gerakan.
~ Anak perempuan : gunakan cerita & role play.

# Kominikasi
~ Anak laki-laki : pahami keterbatan mereka dalam menggambarkan perasaan mereka dengan kata-kata
~ Anak perempuan : mulailah berkomunikasi terbuka sejak dia batita.

#Konsep Diri
~ Anak laki-laki : ayah perlu menjadi role model yg kuat, (lebih memerlukan contoh & teladan  sehubungan leki-laki yg lebih berpikir secara logis :'jika itu dapat dilakukan oleh orang lain maka memang itu dapat di lakukan")
~ Anak perempuan : bangun konsep sedini mungkin dengan dasar firman Tuhan yg kuat, (lebih dapat menerima perintah ataupun detail teladan secara tertulis sehubungan dengan perempuan yg lebih di kuasai oleh perasaan, tekad hati, & empati)



Yang Anak Laki-Laki Butuhkan :
  • Lebih banyak cinta, perhatian, penghargaan mengenai apa yg mereka lakukan, (anak laki-laki lebih membutuhkan penerimaan kita atas apa yg mreka lakukan, sehingga mereka dapat mengatakan "ya aku bisa". Hormon testoteron : menyukai persaingan / kompetitif.)
  • Dikagumi & diakui atas prestasi mereka.
  • Dimotivasi & diberi semangat. ( testoteron :keinginan untuk berprestasi yg lebih dari anak perempuan)
  • Dipercaya ( testoteron : keinginan untuk melindungai), diterima & dihargai.

Yang Anak Perempuan Butuhkan :
  • Lebih banyak cinta, perhatian, penghargaan mengenai siap mereka, apa yg mereka rasakan & mereka inginkan, (anak perempuan lebih rapuh gambar dirinya, maka itu harus di bangun sejak dini agar mereka mempunyai gambar diri yg baik).
  • Lebih disayangi & dipuji
  • Bantuan & diyakinkan kembali.
  • Dipedulikan, dihormati, dimengerti.
Bagaimana? sepertinya banyak "pr" yg harus kita kerjakan. Tetapi......kerjakanlah dengan sukacita & kasih serta hati yg bergantung kepada Tuhan, maka kita akan menikmati "pr" tersebut :)
Be blessed :) 








(bahan diambil dari seminar Mars Junior VS Venus Junior : www.eltern.de/forfamily)








This entry was posted on 11.26 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: