Author: On The Palm On HIS Hand
•09.21


Well ......siapa bilang kalau pasta hanya bisa di padukan dengan saus dari negeri Ilatia? Ternyata pasta di gabungkan dengan bumbu asia pun cukup enak ----- yg pasti anak-anak & suami saya menyukainya, itu alasan yg cukup untuk memasaknya lagi. 
Dare 2 try ?? :)

Bahan :
~ Air untuk merebus pasta
~ Penne ---- or rigatoni if u've ---- whole wheat is recommend
~ Fillet ikan kakap ---- potong kotak-kotak 2 cm
~ Udang kupas ---- buang kepala & kulitnya kecuali bagian ekor.
~ Batang serai
~ Daun salam
~ Daun jeruk
~ 1sdm Kari bubuk
~ Santan
~ Garam
~ Minyak goreng ---- soya oil or corn oil is recommend coz more healthier
~ Air jeruk nipis
~ Cabe merah iris
~ Daun kemangi

Bumbu Halus :
~ Cabe merah
~ Bawang merah
~ Bawang putih
~ Kunyit
~ Lengkuas
~ Jahe
~ Garam

Cara Membuat :
~ Didihkan air, setelah air mendidih masukkan garam & penne.
~ Lumuri fillet ikan & udang dengan garam & air jeruk nipis, sisihkan.
~ Tumis bumbu halus dengan soya oil , +kan daun salam, daun jeruk, serai ---- tumis hingga harum, +kan kari bubuk, aduk-aduk.
~ Masukkan santan, aduk-aduk sesekali santan agar tidak pecah, masak hingga santan keluar minyaknya ---- masukkan fillet ikan & udang ---- masak hingga ikan kaku & udang berubah warna serta cukup matang, +kan irisan cabe merah, cicipi saus sebelum menambahkan garam, angkat
~ Angkat penne bila sudah mencapai kematangan al dente. Taruh di piring saji , tuang saus kari di atasnya, taburi dengan daun kemangi.

Notes :
~ Hati-hati ketika menambahkan garam pada saat terakhir sebelum di angkat. Cicipi dahulu rasa saus, ingat ketika membuat bumbu halus sudah ada garam di dalamnya ---- santan mengandung rasa asin ---- air rebusan penne menggunakan garam ---- so....sebaiknya selain mencicipi saus, cicipi juga penne yg telah di rebus.
~ Hati-hati jangan terlalu lama merebus ikan & udang dalam saus. Fillet ikan akan hancur bila terlalu lama di rebus, karena daging ikan kakap cepat matang & sangat rapuh sehingga tidak memerlukan waktu yg lama untuk mematangkan. Sedangkan udang bila terlalu lama di masak akan membuat rasa segar & manis udang hilang, menyebabkan udang menjadi agak keras & tidak juicy. Bila mungkin gunakan udang laut sehingga rasa udang lebih segar & manis.
~ Ratio bumbu halus , bw merah : bw putih = 2:1 ---- kunyit : jahe : lengkuas = 2 : 2 : 1 (cm). Perbandingan bumbu dapur tergantung banyaknya penne.
~ Irisan cabe merah di masukkan terakhir sehingga  cabe masih segar & crunchy ketika di makan, bila ingin rasa yg lebih pedas bisa di switch dengan  cabe rawit.
~ Penambahan bumbu kari bubuk optional, bisa di skipped , bumbu kari bubuk hanya menambahkan aroma & rasa kari yg lebih kaya, bila tidak ada yg bubuk bisa di ganti dengan curry paste ---- Enjoy :)
This entry was posted on 09.21 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: